Mitos-Fakta Kehamilan 
07 May 2019

 

Banyaknya mitos tentang kehamilan yang beredar di masyarakat kerap dipercaya sebagai sesuatu yang bisa dijadikan patokan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, tidak semua mitos itu benar adanya. Mari cek kebenarannya di artikel ini.

  • Bentuk perut ibu hamil menunjukkan jenis kelamin bayi.

MITOS. Kontur perut ibu hamil tergantung dari otot serta bentuk rahim masing-masing orang. Adanya kondisi tertentu, seperti mioma, juga dapat mempengaruhi bentuk perut ibu hamil.

  • Ibu hamil tidak boleh mandi air panas atau sauna.

FAKTA. Terutama pada trimester pertama. Suhu air di atas 38 derajat Celcius dapat mempengaruhi tumbuh kembang organ-organ janin yang sedang dalam puncaknya.

  • Ibu hamil harus makan dua porsi.

MITOS. Pada trimester pertama, ibu hamil memerlukan 1.800 kalori per hari. Pada trimester kedua dan ketiga, kebutuhan kalori bertambah 300 kalori per hari. Sementara wanita yang tidak hamil membutuhkan sekitar 1.500–1.800 kalori per hari.

  • Ibu hamil tidak boleh naik pesawat terbang.

MITOS. Tekanan di dalam pesawat terbang tidak mempengaruhi janin dalam kandungan. Namun, setiap maskapai penerbangan memiliki regulasi tersendiri. Biasanya ibu hamil di atas 32 minggu harus disertai surat dokter jika ingin melakukan penerbangan.

  • Berhubungan seksual saat hamil dapat membahayakan kehamilan.

MITOS. Guncangan saat berhubungan seksual akan membuat bayi tetap merasa nyaman (seperti sedang diayun-ayun). Pada trimester pertama, hendaknya hubungan seksual dilakukan secara lebih hati-hati. Sementara, pada trimester kedua dan ketiga justru dianjurkan.

  • Ibu hamil tidak boleh mengecat rambut.

MITOS. Jarak antara kepala dengan rahim sangat jauh sehingga kecil kemungkinan memengaruhi janin. Sementara, untuk pewarna kuku disarankan memilih produk tanpa kandungan phtalates.

  • Ibu hamil tidak boleh memelihara kucing.

MITOS. Memelihara kucing diperbolehkan selama kucing yang dipelihara terjaga kebersihannya dan sudah divaksinasi. Sebaiknya ibu hamil menghindari membersihkan kotoran kucing.

  • Kulit ibu hamil akan terlihat lebih bersinar.

FAKTA. Terutama pada orang berkulit putih. Saat hamil, kulit ibu hamil juga akan tampak kemerahan karena banyaknya pembuluh darah yang muncul ke permukaan. Selain itu, zat melanin (pemberi warna) akan meningkat sehingga disarankan menggunakan sunscreen.

  • Ibu hamil harus menjauhi telepon seluler.

FAKTA. Penggunaan telepon seluler dengan intensitas tinggi dapat mempengaruhi behavior bayi. Terlebih jika jumlah telepon seluler yang digunakan lebih dari satu. Tetapi dalam penggunaan yang minim, radiasi telepon seluler tidak berbahaya.

  • Ibu hamil tidak boleh makan pedas.

MITOS. Kecuali bagi ibu hamil yang tidak suka pedas, karena dikhawatirkan akan terkena diare.

  • Morning sickness mempengaruhi IQ bayi.

FAKTA. Saat hamil, hormon ibu akan mencapai puncaknya, begitu pula dengan efeknya (morning sickness). Ketika hormon mencapai puncak, aliran darah ke janin menjadi lebih lancar. Kandungan menjadi lebih kuat dan perkembangan janin lebih baik.

  • Minum air kelapa dapat membuat bayi terlahir dengan kulit putih bersih.

MITOS. Makanan tidak mempengaruhi gen.

  • Suami mengalami perubahan hormon saat istri hamil.

FAKTA. Suami juga dapat mengalami perubahan hormon saat istri sedang hamil (couvades syndrome). Pada kondisi ini, suami dapat merasa mual, sakit pinggang, ngidam, serta ikut bertambah berat badan.

Yang penting diingat adalah, kehamilan merupakan kondisi ketika perempuan mengalami perubahan dari segi psikologis, mental, dan sosial secara alamiah. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila ibu hamil tidak terlalu memikirkan mitos yang beredar di masyarakat. Konfirmasikan informasi tersebut ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Ikuti insting masing-masing, karena ibulah yang paling memahami yang terbaik untuk dirinya dan calon buah hati.

Always be happy, Mom!

 

dr. M. Charnain Ibrahim, Sp. OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

 

Latest News
Seminar "Cone Beam Computed Tomography: Digital Dentistry Is The Future"
Solusi Minimal Invasive Untuk Penanganan Masalah Kesehatan
Wajah Baru Women & Fetal Diagnostic Center Dan Klinik Anak RS Pondok Indah – Pondok Indah
Mom’s Gathering RS Pondok Indah Group
Deteksi Dini Skoliosis

RS PONDOK INDAH GROUP - COMPLIMENTARY NEWBORN PHOTO SESSION BY BABY AXIOO

Peristiwa kelahiran sang buah hati tentunya adalah momen istimewa yang tak terlupakan. Abadikan kenangan terindah momen kelahiran si kecil bersama Baby Axioo. Dapatkan sesi foto dan merchandise cantik dari Baby Axioo, gratis untuk Anda yang melahirkan di semua rumah sakit RS Pondok Indah Group. Penawaran istimewa ini berlaku untuk Anda yang melah...

Vol 42