ASK OUR   DOCTOR

Q

Gejala Prostat

Sugiyono,Jakarta
Saya merasakan gejala prostat seperti yang disampaikan dalam artikel mengenai Penanganan Pembesaran Prostat. Apa akibat dari gejala tersebut jika tida tidak segera ditangani? Apa saja akibat dari penyakit prostat?

A

Pak Sugiyono, pembesaran prostat merupakan masalah yang kerap dialami oleh pria. Kelenjar prostat membesar bersamaan dengan bertambahnya usia. Gejala yang sering dialami antara lain: sering berkemih, mengedan, buang air kecil (BAK) tak lampias, menetes di akhir berkemih, tak dapat menahan bila ingin berkemih, dan terbangun ingin berkemih pada malam hari lebih dari sekali.

Pembesaran prostat yang tidak tertangani dapat mengakibatkan gangguan buang air kecil yang bertambah parah, sehingga akhirnya tidak bisa buang air kecil sama sekali. Hal ini diakibatkan oleh obstruksi saluran kencing yang membesar oleh kelenjar prostat. Komplikasi lain dari pembesaran prostat meliputi infeksi saluran kencing berulang, kencing berdarah, gangguan otot kandung kemih, terbentuknya batu kandung kemih, hingga gangguan fungsi ginjal.

Jangan tunggu hingga penyakit berkembang lebih lanjut. Apabila Anda mengalami gejala-gejala seperti tersebut diatas, segeralah konsultasi dengan dokter spesialis urologi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

dr. Hery Tiera, Sp. U

Dokter Spesialis Bedah Urologi RS Pondok Indah - Pondok Indah

Artikel  Lainnya