ASK OUR   DOCTOR

Q

Menstruasi Pasca Melahirkan

Wenny W,Jakarta
Dokter, saya melahirkan tanggal 8 September 2016. Saya memberikan ASI eksklusif untuk anak saya. Masa nifas saya kurang lebih 30 hari. Anak saya punya kelainan jantung sejak di dalam kandungan dan pada 15 Desember 2016 anak saya meninggal dunia. Saya terakhir memompa ASI pada 24 Desember 2016. Tapi sampai sekarang, 4 Februari 2017, saya belum juga menstruasi. Saya ingin segera hamil kembali. Apakah hal ini wajar? Mohon pencerahannya. Terima kasih, Dokter.

A

Terima kasih ibu. Kami turut prihatin dan bersimpati atas peristiwa yang Ibu alami, semoga Ibu sekeluarga selalu diberikan kekuatan dan kesehatan.

Mengenai pertanyaan Ibu, hal ini dapat dikategorikan sebagai amenorea sekunder, yaitu tidak datangnya haid untuk waktu yang lama sampai dengan 3 bulan berturut-turut atau bahkan lebih.

Ada berbagai penyebab, salah satu kondisi yang menyebabkan ini adalah aktivitas menyusui pada masa pasca persalinan.

Aktivitas menyusui eksklusif menyebabkan terhentinya menstruasi. Umumnya menstruasi dapat kembali alami pada kurun waktu 0-6 bulan setelah aktivitas menyusui berhenti. Untuk memastikan kondisi tersebut, dan menyingkirkan penyebab lain, sebaiknya Ibu melakukan konsultasi serta pemeriksaan langsung dengan dokter spesialis kandungan.

dr. Yassin Yanuar Mohammad, Sp. OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah - Pondok Indah

Artikel  Lainnya