ASK OUR   DOCTOR

Q

Nyeri Di Payudara

Alia,Jakarta selatan
Dokter, saya ingin bertanya. Saya merasakan nyeri pada payudara sebelah kanan saya. Kebetulan memang mendekati siklus menstruasi saya, tapi keluhan ini baru saya rasakan 2 bulan terakhir ini. Sebelumnya payudara saya juga pernah nyeri tapi belum pernah sampai nyeri tak tertahan seperti yang dirasakan sekarang. Apakah ini masih normal, Dok? Terima kasih.

A

Ibu Alia, terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri payudara adalah keluhan yang paling banyak dirasakan perempuan, sekitar 69 persen perempuan merasakan nyeri payudara dengan intensitas nyeri ringan sampai berat pada saat menjelang haid. Hal ini disebut dengan mastalgia siklik.

Mastalgia siklik memang cukup menganggu, dapat mempengaruhi pekerjaan, sekolah, aktivitas fisik, fungsi sosial, bahkan aktivitas seksual. Penyebab utamanya memang adanya perubahan hormonal menjelang haid. Namun pada beberapa kasus, dapat pula disebabkan tingginya hormon prolaktin (hormon menyusui). Namun, apabila tidak sedang menyusui, hal ini berhubungan dengan adanya adenoma hipofisis (tumor pada bagian otak) atau disebabkan oleh diet yang tidak seimbang. Untuk mengurangi keluhan nyerinya, coba kurangi makanan berlemak atau asupan kafein.

Apabila ditemukan adanya benjolan di payudara, sebaiknya segera ke dokter, untuk menentukan apakah perlu dilakukan pemeriksaan USG payudara atau 3D Sonomammogram. 

Apabila Ibu sudah menikah, perlu pula dipastikan, apakah gejala ini hanya sekadar sindroma pre-menstrual atau suatu gejala awal kehamilan.

dr. Ni Komang Yeni Dhanasari, Sp. OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah - Puri Indah

 

Artikel  Lainnya