ASK OUR   DOCTOR

Q

Benjolan Keras Pada Kepala Anak

Masni,Sarawak, Malaysia
Halo, Dokter. Saya adalah seorang ibu dari 3 anak, dan kini anak ketiga saya yang baru berumur 8 bulan sedang mengalami masalah. Anak saya lahir pada tanggal 20 Juli 2016. Saat ia baru lahir, benjolan yang terdapat pada sisi kanan kepalanya tidak terlihat. Baru pada usia 2 bulan lah, benjolan keras pada kepalanya mulai tampak. Perlu Dokter ketahui, anak saya tidak menunjukkan ekspresi kesakitan apabila saya menyentuh benjolan tersebut. Ia juga tidak mengalami demam maupun bengkak di bagian benjolan itu. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter di klinik terdekat dan disarankan agar anak saya melakukan pemeriksaan X-ray pada bagian kepala. Namun, hasil dari pencitraan X-ray tersebut tidak memberikan gambaran apapun sehingga dokter menyimpulkan bahwa tidak ada apa-apa pada benjolan di kepala anak saya. Sebagai seorang ibu, saya masih penasaran dan belum puas dengan hasil diagnosa dokter tersebut. Oleh karena itu, saya ingin meminta pendapat Dokter. Sampai saat ini saya belum membawa anak saya ke rumah sakit karena dokter sebelumnya menyarankan untuk melihat perkembangan benjolah tersebut apakah diameternya membesar seiring dengan bertambahnya umur anak saya atau tidak. Bagaimana menurut dokter?

A

Bu Masni, tumbuhnya benjolan di tubuh memang kerap membuat kita khawatir, sebab ia bisa mengindikasikan berbagai hal. Terlebih jika tiba-tiba kita menemukan benjolan aneh di kepala si kecil. Berbagai pertanyaan bahkan kepanikan pun menyeruak, benjolan apa ini?

Ada beberapa penyebab benjolan di kepala, di antaranya infeksi kulit, lemak (lipoma), dan pembesaran kelenjar getah bening. Infeksi kulit biasanya disertai ruam kemerahan pada area benjolan. Sedangkan apabila benjolan teraba di kepala bagian belakang, kemungkinan besar itu adalah lipoma, yang tidak perlu dikhawatirkan.

Benjolan yang muncul akibat pembesaran kelenjar getah bening biasanya terjadi karena sedang ada infeksi di telinga, hidung, atau daerah lain dalam organ kepala. Kelenjar getah bening sebagai pertahanan tubuh menjadi aktif dan membesar. Tidak perlu khawatir, karena benjolan akan mengecil dan hilang jika infeksi sudah sembuh.

Benjolan sering ditemukan pada kepala bayi, kadang bukan hanya satu, melainkan beberapa benjolan. Benjolan dapat muncul karena beberapa kemungkinan. Bunda tidak perlu buru-buru panik, karena dalam banyak kasus, benjolan tersebut akan menghilang seiring pertambahan usia anak, biasanya saat usianya 1-2 tahun.

Namun apabila benjolan tak kunjung hilang, bahkan terasa sakit mengganggu si kecil, segera konsultasikan kepada dokter spesialis anak untuk memastikan penyebabnya. Dalam beberapa kasus, pembesaran kelenjar getah bening yang relatif cepat dan bertambah banyak berhubungan dengan penyakit kronis, misalnya tuberkulosis kelenjar. Harus dilakukan pemeriksaan Mantoux untuk membuktikan apakah betul ada infeksi tuberkulosis.

Dr. dr. Matheus Tatang Puspanjono, Sp. A, M. Klinik Ped

Dokter Spesialis Anak

RS Pondok Indah – Pondok Indah

Artikel  Lainnya