ASK OUR   DOCTOR

Q

Kelainan Berjalan Pada Anak

Ari,Jakarta Selatan
Dok, anak saya saat ini berusia 7 tahun. Sejak lahir ia terlihat normal-normal saja. Namun dalam dua tahun terakhir, saya lihat kaki kirinya agak terlihat bengkok atau agak mengarah ke dalam saat ia berjalan. Kira-kira apa penyebabnya ya, Dok? Apa yang harus dilakukan agar ia bisa berjalan dengan normal? Apakah saya perlu berkonsultasi dengan dokter tertentu mengenai hal ini? Terima kasih.

A

Pak Ari, posisi kaki mengarah ke dalam saat berjalan sering disebut intoeing. Penyebabnya bisa jadi akibat adanya kelainan pada paha, tulang kering, juga karena kaki yang terputar atau terotasi ke arah dalam. Hal ini paling banyak didapatkan pada paha, yang diakibatkan oleh kebiasaan anak saat duduk di lantai dengan posisi huruf W. Posisi ini membuat posisi lutut tertekuk sehingga kondisi adaptasi tulang paha menjadi terputar.

Apabila hal ini yang terjadi, sebaiknya ubah posisi duduk si kecil saat duduk di lantai dari posisi huruf W menjadi posisi bersila. Selain itu, lakukan juga konsultasi dengan dokter spesialis ortopedi agar dapat dilakukan observasi.

Keadaan intoeing lebih banyak terjadi pada anak perempuan usia 3-6 tahun, dan biasanya akan kembali normal atau setidaknya mendekati normal pada usia sekitar 10 tahun.

Semoga penjelasan ini menjawab pertanyaan Pak Ari.

dr. Daffodilone Cahyadi, Sp. OT

Dokter Spesialis Bedah Ortopedi

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

Artikel  Lainnya