ASK OUR   DOCTOR

Q

Keringat Dingin Pada Bayi

Krisna,Jakarta
Anak saya yang sekarang berusia 2 bulan 20 hari mengalami demam, tapi keesokan harinya sudah stabil dan mulai batuk pilek. Sehari setelahnya, saya bawa ia untuk berobat, tapi pada siang harinya anak saya mengeluarkan keringat dingin sampai bajunya pun ikut lembab dan suhu tubuh badannya selalu di bawah normal. Setiap saya beri selimut, suhu badan secara perlahan naik. Tapi saat selimut dibuka, suhu badannya menurun lagi. Anak saya juga sudah minum susu formula. Sampai tengah malam keringat dingin masih muncul tetapi tak sebanyak di siang hari. Kira-kira anak saya kenapa ya, Dok? Apakah ada masalah pada kesehatannya? Terima kasih.

A

Halo, Bu Krisna.

Pada masa pemulihan infeksi virus, memang terkadang ditemukan keluhan banyak berkeringat, dan badan teraba lebih dingin. Beberapa pendapat mengatakan alasannya adalah karena tubuh berusaha memulihkan dirinya dengan mengeluarkan sisa-sisa metabolisme saat infeksi.

Hal yang penting diperhatikan adalah bagaimana kondisi bayi Bu Krisna saat ini. Apakah bayi tampak lebih aktif dibandingkan saat demam? Apakah mau menyusu dengan baik? Buang air kecilnya masih banyak? Tidur tidak terganggu? Bila semua jawabannya adalah iya, maka Ibu bisa mengobservasi bayi di rumah selama 2-3 hari. Tawarkan untuk menyusui lebih sering.

Namun, apabila bayi Ibu tampak lebih rewel, tidak mau menyusu, pipis lebih jarang, sebaiknya dibawa berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga Ibu dan keluarga selalu dalam keadaan sehat, ya.

Titip salam sayang saya untuk si Kecil.

dr. AAA. Putu Indah Pratiwi, Sp. A

Dokter Spesialis Anak

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

Artikel  Lainnya