Tips Menjaga Kesehatan Punggung
19 August 2017

Punggung atau tulang belakang Anda bermasalah atau sering terasa nyeri? Hati-hati, bisa saja ternyata masalahnya ada pada postur tubuh Anda saat beraktivitas sehari-hari.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan punggung. Untuk dapat menjaga kesehatan punggungnya, seseorang harus menjaga postur tubuh yang benar saat beraktivitas, mempertahankan berat badan yang ideal, serta aktif bergerak. Jangan lupa pula untuk melakukan stretching saat pemanasan dan pendinginan saat berolahraga.

Banyak sekali postur tubuh tidak ideal yang dilakukan seseorang saat diam maupun beraktivitas. Contoh yang cukup sering ditemui adalah posisi duduk berselonjor tanpa tumpuan pada pinggang. Selain itu, posisi berdiri yang bungkuk dan posisi mengambil barang dengan melengkungkan punggung tanpa menekuk lutut juga sering ditemui.

RS PONDOK INDAH GROUP

Sumber gambar: www.premierespineandsport.com

 

RS PONDOK INDAH GROUP

Sumber gambar: www.istock.com

Agar punggung tetap sehat dan terhindar dari jenis-jenis nyeri atau sakit punggung, perhatikan dan latih postur yang baik saat duduk, berdiri, serta mengambil dan mengangkat barang. Selain itu, jaga berat badan yang ideal dengan makan makanan yang sehat dan rutin berolahraga. Olahraga yang bersifat stretching dan core strengthening (penguatan otot punggung, pinggang dan perut) sangat dianjurkan. Contoh olahraga yang dapat Anda lakukan adalah plank, side plank, back up, sit up, dan berenang. Tidak ada anjuran makanan tertentu yang harus rutin dikonsumsi untuk menghindari nyeri punggung.

Selain itu, posisi tidur yang benar juga mempengaruhi kesehatan punggung. Sebisa mungkin, pertahankan kelengkungan alami ruas tulang belakang saat tidur. Cara mencapai posisi tidur yang benar ini bergantung pada posisi favorit Anda saat tidur, apakah terlentang, miring atau tengkurap. Untuk posisi tidur terlentang, letakkan bantal kepala dengan ketinggian yang dapat menopang leher. Tambahkan juga bantal di bawah lutut dan jika perlu tambahkan juga bantal di bawah pinggang.

RS PONDOK INDAH GROUP

Sumber gambar: www.activebackcare.com

Bila Anda suka tidur dengan posisi miring, tekuk panggul sedikit ke depan dan letakkan bantal di antara kedua kaki, serta gunakan bantal kepala dengan ketinggian yang sesuai agar ruas tulang belakang dari kepala, leher, punggung dan pinggang dapat segaris lurus. Jika memungkinkan, tambah bantal di bawah pinggang.

RS PONDOK INDAH GROUP

Sumber gambar: www.activebackcare.com

Posisi tidur tengkurap dengan leher menoleh ke salah satu sisi dapat menyebabkan ketegangan pada leher. Untuk mengurangi ketegangan ini, Anda dapat menggunakan bantal kepala yang rendah atau tidak perlu menggunakan bantal kepala sama sekali. Letakkan juga bantal di area bawah panggul dan perut bagian bawah.

RS PONDOK INDAH GROUP

Sumber gambar: www.activebackcare.com

Selain posisi tidur, jenis kasur yang Anda gunakan juga dapat mempengaruhi kondisi punggung Anda. Pilihlah kasur yang dapat menopang kelengkungan alami tulang belakang. Penggunaan kasur yang firm atau kokoh lebih disarankan. Namun apabila Anda merasa lebih nyaman menggunakan kasur yang soft, pastikan kasur tersebut cukup mampu untuk menjaga kelengkungan alami ruas tulang belakang Anda. Sebagai tips terakhir, agar dapat memberikan support tulang belakang yang lebih baik, kasur sebaiknya diletakkan di alas yang keras dan datar. Bila perlu, gunakan triplek sebagai alas kasur atau letakkan kasur di atas lantai datar.

dr. Christian Silas, Sp. OT

Dokter Spesialis Bedah Ortopedi

RS Pondok Indah - Puri Indah

Berita Terkini
Khitanan Massal RS Pondok Indah Group Di Bintaro Jaya
Tingkatkan Kepedulian Terhadap Kanker Payudara, RS Pondok Indah Selenggarakan Charity Run
RS Pondok Indah Group Apresiasi Dedikasi Para Dokter
RS Pondok Indah, Yayasan Puspita, Dan Perempuan Untuk Negeri Gelar Khitanan Massal Di Cisarua, Bogor
CSR HUT Ke-30 RS Pondok Indah Belajar Cuci Tangan, Belajar Lebih Sehat

RS PONDOK INDAH – PONDOK INDAH & PURI INDAH - TELKOMSEL POIN

Health check up rutin adalah langkah awal untuk menjaga kesehatan Anda. Mengetahui keadaan atau kondisi tubuh sejak dini menjadi sangat penting. Oleh karena itu, health check up perlu rutin dilakukan minimal setahun sekali. Dapatkan potongan Rp. 500.000,- untuk paket pemeriksaan kesehatan Men / Women / Cardiac Screening di Executive Health Check ...

Vol 37