Si Kecil Kerap Mendengkur? Berbahayakah?
04 January 2019

 Mareska (3 tahun) sudah lelap dalam tidurnya, sayup-sayup terdengar suara dengkuran, yang terjadi hampir di setiap malam. Mendengkur memang menjadi salah satu kebiasaan yang tak asing. Namun, bagaimana bila kebiasaan mendengkur ini terjadi pada buah hati Anda. Adakah bahayanya?

Mendengkur terjadi akibat tersumbatnya (obstruksi) saluran napas atas yang terjadi saat tidur. Sumbatan yang terjadi dapat secara parsial (sebagian) atau total. Obstruksi total atau yang dikenal dengan Obstructive Sleep Apnea (OSA) adalah sumbatan saluran napas atas yang terjadi saat tidur, hingga menyebabkan henti napas. Pernapasan terhenti sementara selama 10 detik atau lebih, kemudian bernapas kembali. OSA dapat menurunkan kualitas tidur, sehingga menurunkan kualitas hidup. 

Kondisi ini dapat terjadi pada semua usia, baik anak-anak, orang dewasa maupun usia lanjut. Hal ini berkaitan dengan adanya gangguan aliran udara di sepanjang saluran napas atas. Lalu, apa penyebab mendengkur pada anak-anak?

 Penyebab anak mendengkur

Mendengkur pada anak dapat disebabkan akibat pembesaran adenoid dan/atau tonsil (biasanya dikenal sebagai amandel), pembesaran konka (kelenjar hidung) akibat seringnya pilek serta obesitas atau kelebihan berat badan.

 

 RS PONDOK INDAH GROUP

 

             Gambar. Kiri: Normal; Kanan: Pembesaran amandel (tonsil) dan adenoid

 

Gejala dan dampak mendengkur pada anak

Gejala mendengkur sering tidak terdeteksi, karena terjadi saat si kecil tidur. Anda sebagai orangtua dapat melihat dan mendengar apakah suara dengkuran lalu diikuti masa diam atau suara dengkuran yang keras, kemudian cepat mulai napas kembali atau terbatuk. Cek juga apakah ada rasa tercekik saat tidur, terengah-engah atau tersedak, dan cegukan saat anak mendengkur.

Dampak kebiasaan mendengkur pada anak dapat mempengaruhi keseharian si kecil. Misalkan, anak menjadi sering mengalami pilek dan batuk berulang yang tidak kunjung sembuh, menimbulkan rasa kantuk yang berlebihan di siang hari dan rasa lelah, sulit belajar, hingga gangguan konsentrasi. Hal ini diakibatkan kualitas tidur si kecil yang tidak sempurna pada malam hari. 

Penanganan mendengkur pada anak

Sebelum dilakukan terapi pengobatan perlu dilakukan pemeriksaan untuk mencari penyebab gangguan ini. Selanjutnya dokter spesialis THT akan memberikan informasi serta mendiskusikan solusi yang tepat. Pemeriksaan yang biasa dilakukan seperti:

  •  Pemeriksaan THT, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengevaluasi awal area sumbatan dan kelainan lain yang menjadi faktor risiko penyakit
  • Endoskopi hidung, pemeriksaan menggunakan kamera kecil ke dalam hidung untuk mengevaluasi kelainan pada hidung, terutama adanya pembesaran adenoid. Pada anak terkadang pemeriksaan ini sulit dilakukan, maka, untuk menyiasatinya, bisa juga dilakukan dengan pemeriksaan rontgen.

RS PONDOK INDAH GROUPRS PONDOK INDAH GROUP

 Gambar. Pemeriksaan endoskopi dan Rontgen X Ray

 

  • Polysomnography (PSG) adalah pemeriksaan gold standard untuk menegakkan diagnosis OSA. Monitor pemeriksaan dilakukan saat pasien tidur malam hari, dengan pemasangan alat monitor.

Penatalaksanaan

Ada berbagai penatalaksanaan untuk mengatasi gangguan ini, di antaranya:

  • Perubahan gaya hidup & menurunkan berat badan (obesitas).
  • Menghindari makanan atau minuman dingin berlebihan
  • Mengontrol alergi (rhinitis alergi)
  • Tindakan bedah, hanya dilakukan apabila ada indikasi dari dokter. Tujuan terapi bedah ini adalah untuk memperbaiki saluran napas atas. Pembedahan akan bermanfaat bila memiliki indikasi, seperti gagal dengan terapi non bedah serta adanya kelainan anatomi yang menyebabkan sumbatan saluran napas atas.

 

dr. Hably Warganegara, Sp. THT-KL

Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorok, Bedah Kepala dan Leher

RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

Berita Terkini
Seminar "Cone Beam Computed Tomography: Digital Dentistry Is The Future"
Solusi Minimal Invasive Untuk Penanganan Masalah Kesehatan
Wajah Baru Women & Fetal Diagnostic Center Dan Klinik Anak RS Pondok Indah – Pondok Indah
Mom’s Gathering RS Pondok Indah Group
Deteksi Dini Skoliosis

RS PONDOK INDAH GROUP - COMPLIMENTARY NEWBORN PHOTO SESSION BY BABY AXIOO

Peristiwa kelahiran sang buah hati tentunya adalah momen istimewa yang tak terlupakan. Abadikan kenangan terindah momen kelahiran si kecil bersama Baby Axioo. Dapatkan sesi foto dan merchandise cantik dari Baby Axioo, gratis untuk Anda yang melahirkan di semua rumah sakit RS Pondok Indah Group. Penawaran istimewa ini berlaku untuk Anda yang melah...

Vol 42