Extracorporeal Shock  Wave  Lithotripsy  (ESWL)  

ESWL atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy adalah tindakan non-invasif yang bertujuan untuk memecahkan batu pada saluran kemih dengan menggunakan gelombang kejut dari luar tubuh pada lokasi batu. ESWL merupakan terapi non-invasif karena tidak memerlukan pembedahan atau pemasukan alat ke dalam tubuh pasien.

RS Pondok Indah - Pondok Indah menyediakan layanan ESWL dengan menggunakan alat yang dilengkapi teknologi terkini yang memiliki kelebihan:

 

 

  • Fokus dan akurasi lebih baik karena memiliki teknologi direct focusing dengan sistem triple locator (pelacak batu) sehingga mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan
  • Tindakan dapat dilakukan dengan waktu yang lebih cepat
  • Suara yang ditimbulkan lebih halus sehingga pasien merasa lebih nyaman

ESWL bekerja melalui gelombang kejut yang dihantarkan melalui cairan tubuh lainnya menuju batu, tanpa merusak jaringan tubuh lainnya. Gelombang kejut yang digunakan berupa gelombang ultrasonic atau elektrohidrolik yang akan memecah batu menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga batu dapat keluar melalui air kemih dan tidak memerlukan tindakan operasi.

Saat tindakan, petugas mendekatkan lithotripter pada permukaan tubuh sesuai dengan lokasi batu, kemudian gelombang akan dihantarkan selama sekitar 30-60 menit, tergantung pada ukuran dan tingkat kekerasan batu.

ESWL dapat dilakukan kepada pasien dengan kondisi:

  • Fungsi ginjal masih baik
  • Tidak ada sumbatan distal (di bagian bawah saluran)
  • Tidak ada kelainan pembekuan darah
  • Tidak sedang hamil, karena diperlukan fasilitas X-Ray untuk menentukan lokasi batu, yang dapat mengganggu pertumbuhan janin

Setelah tindakan, umumnya akan terdapat darah pada urin pasien sehingga warna urin akan lebih merah pada 2 - 3 kali buang air kecil setelah prosedur. Namun, hal tersebut adalah normal dan dapat hilang dengan sendirinya sehingga Anda dapat langsung pulang setelah menjalani tindakan ESWL.

UNIT ESWL

RS Pondok Indah - Pondok Indah Lt. 1

Informasi dan Pendaftaran: +62 21 765 7525 Ext. 1288