NICU 

RS PONDOK INDAH GROUP

Unit perawatan intensif untuk bayi baru lahir yang memerlukan penanganan khusus di bawah pengawasan ekstra tim dokter dan perawat. NICU mampu mengoptimalkan perawatan bayi baru lahir, mencegah dan mengobati kegagalan organ vital bayi seawal mungkin, yang disebabkan oleh kelahiran prematur (kurang dari 37 minggu), lahir dengan atau tanpa komplikasi atau dengan penyakit bawaan.

Bayi baru lahir yang dirawat di NICU umumnya memiliki berat badan lahir rendah, fungsi pernapasan yang kurang sempurna karena perkembangan dan fungsi organ-organnya belum matang serta kemampuan beradaptasi di luar kandungan yang juga masih sangat terbatas. Selain untuk bayi baru lahir dengan risiko gangguan kesehatan yang tinggi, NICU juga diperuntukkan bagi bayi yang lahir normal (usia kurang dari 28 hari) dan sudah dapat dibawa pulang dari rumah sakit, namun memiliki penyakit serius sehingga perlu penanganan khusus. Misalnya seperti mengalami kesulitan bernapas sehingga memerlukan alat bantu pernapasan, bayi baru lahir mengalami infeksi dan atau sepsis, hingga bayi kuning diakibatkan kadar bilirubin yang tinggi pada darah bayi.

Rentannya kondisi bayi yang baru dilahirkan mengharuskan NICU dilengkapi dengan berbagai teknologi medis terdepan. NICU juga berada di bawah pemantauan tenaga dokter spesialis anak konsultan perinatologi beserta dokter umum dan perawat yang memiliki sertifikasi juga kualifikasi khusus.


Berbagai peralatan medis yang biasanya ada di NICU:
  1. Inkubator dan infant warmer, untuk mempertahankan kondisi lingkungan yang sesuai untuk bayi (menstabilkan dan mengontrol suhu tubuh bayi agar tetap hangat). Kehangatan dibutuhkan bayi baru lahir karena berisiko mengalami hipotermi atau suhu tubuh rendah, akibat kurangnya jaringan lemak di bawah kulit dan permukaan tubuh yang luas.
  2. Jalur infus, infusion pump dan syringe pump untuk memasukkan cairan infus dan obat-obatan pada bayi secara aman dan akurat sesuai kebutuhan bayi.
  3. Monitor, bayi di NICU dipantau ketat dan terhubung dengan monitor yang dapat merekam tanda-tanda vital seperti denyut jantung, laju pernapasan, tekanan darah, suhu, dan kadar oksigen dalam darah secara terus menerus.
  4. Alat bantu pernafasan C-PAP (Continous Positive Airway Pressure) , untuk bayi-bayi yang mengalami gangguan pernapasan akibat paru-paru yang belum berkembang sempurna.
  5. Ventilator multifungsi, untuk bayi dengan gangguan pernapasan berat, henti napas, atau penyakit tertentu yang potensial menimbulkan gagal napas.
  6. Feeding tube, selang yang dipasang sampai ke lambung dan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan bayi akan cairan, obat-obatan, dan nutrisi seperti lemak, protein, zat besi, kalsium dan vitamin.

Informasi lebih lanjut:
RS Pondok Indah - Pondok Indah (021) 765 7525, Ext. 1300
RS Pondok Indah - Puri Indah (021) 2569 200, Ext. 1200/1300
RS Pondok Indah - Bintaro Jaya (021) 8082 8888 Ext. 1501