INFORMATION  

Selama  Anda  Dirawat  

Gelang Tanda Pengenal

Anda akan diberikan gelang tanda pengenal dengan nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor rekam medik Anda. Mohon pastikan bahwa informasi yang tertera adalah benar. Dilarang melepaskan gelang tanda pengenal hingga waktu kepulangan Anda dari rumah sakit. Jika gelang tanda pengenal terlepas, segera hubungi perawat untuk medapatkan gelang baru.

Access Card

Sistem Access Card disediakan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pasien kami. Semua pintu akses ke area pasien rawat inap akan terkunci secara otomatis setelah waktu berkunjung habis.

Staf Admission kami akan memberikan Access Card kepada pasien atau keluarga pasien yang bertanggung jawab atas pasien, pada saat registrasi di counter Admission Rawat Inap. Mohon hubungi staf Admission kami bila terdapat perpindahan kamar perawatan supaya kartu dapat disesuaikan.

Mohon mengembalikan Access Card pada kasir, saat mengurus administrasi kepulangan rawat inap.

Pemegang Access Card

  • Dokter, perawat, dan staf, sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya
  • Semua penunggu pasien anak
  • Pasien dewasa yang dirawat di kamar dengan kapasitas 1 tempat tidur
  • Pasien dengan keadaan klinis tertentu yang perlu ditunggu oleh anggota keluarganya

Petunjuk Penggunaan Access Card

  • Pada bagian bawah mesin Access Card, yang terletak di setiap dekat pintu masuk rawat inap, terdapat gambar kartu. Letakkan Access Card dekat gambar kartu hingga terdengar suara “bip”. Lampu penanda akan menyala setelah bunyi “bip”dan pintu akan terbuka.

Aktivitas Ruangan

Kegiatan ruangan termasuk aktivitas ward round oleh dokter dan perawat, sistem penugasan keperawatan dan pergantian shift, rencana perawatan, meals, waktu kunjung pasien, dan sebagainya. Aktivitas lain seperti tes laboratorium, X-ray, atau prosedur lainnya akan dilakukan bila dibutuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, janganlah ragu untuk menghubungi kepala ward atau perawat kami.

Prosedur Kegawatdaruratan

Kami memiliki prosedur penanganan kondisi gawat darurat dan semua staf kami dilatih untuk mematuhi prosedur tersebut. Dalam keadaan darurat, staf akan mengambil tindakan apapun yang diperlukan, dan mengarahkan apa yang harus Anda lakukan saat itu,

Tim Perawatan Kesehatan Anda

Selama masa perawatan Anda di RS Pondok Indah Group, Anda akan memiliki tim kesehatan yang terlibat dalam perawatan Anda. Tim ini terdiri atas dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnnya yang diperlukan seperti ahli gizi, fisioterapis, ahli farmasi, dan lain sebagainya.

Dokter

DPJP (Dokter Penanggung Jawab Pelayanan) mensupervisi perawatan dan pengobatan Anda serta menentukan kepulangan pasien. Tim dokter yang merawat Anda termasuk dokter spesialis dan anggota staf medis rumah sakit, seperti dokter jaga atau asisten dokter. Anda dapat bertanya kepada DPJP akan gambaran menyeluruh mengenai kondisi kesehatan Anda. Bila karena alasan kesehatan dan keterbatasan komunikasi, Anda dapat menunjuk seseorang sebagai wakil Anda untuk berkomunikasi dengan dokter dan staf rumah sakit.

Perawat

Perawat menjembatani Anda dan anggota tim perawatan kesehatan Anda. Mereka membantu mengomunikasikan kebutuhan Anda ke anggota tim perawatan kesehatan Anda .Tim perawat akan memberikan asuhan keperawatan sesuai kondisi kesehatan Anda. Perawat melihat keadaan Anda, merencanakan, dan menilai perawatan sehari-hari Anda, menyiapkan dan memberikan obat-obatan, cairan infus, dan melakukan perawatan sesuai kewenangannya. Mereka memberikan informasi dan edukasi sesuai kondisi kesehatan Anda dan bagaimana cara untuk melanjutkan pengobatan setelah pemulangan Anda dari rumah sakit. Mereka bertanggung jawab untuk melihat tanda vital Anda, merawat kebersihan pribadi Anda, dan membantu untuk memastikan bahwa Anda nyaman selama masa perawatan Anda.

Ahli Farmasi

Ahli farmasi adalah ahli yang bekerja sama dengan dokter dan perawat untuk memastikan pasien menerima manfaat penuh dari obat-obatan yang ada. Di samping mempersiapkan obat-obatan menggunakan teknologi terkini, mereka juga memonitor pengobatan Anda untuk melihat efektifitasnya dan membantu menghindari efek samping, alergi, dan efek yang mungkin didapat dari makanan dan obat.

Ahli Gizi Klinis

Tim ahli gizi klinis rumah sakit bekerja sama dengan dokter, perawat, dan anggota lain tim perawatan kesehatan Anda untuk menyediakan informasi dan asuhan nutrisi. Melalui menu makanan yang variatif, mereka akan bekerja sama dengan Anda untuk mengakomodasi kebutuhan spesifik Anda.

Layanan Rohani

Layanan ibadah tersedia di rumah sakit pada waktu dan tempat tertentu, termasuk untuk layanan rohani bagi pemeluk agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha. Bila Anda memerlukan layanan rohani di luar dari yang disediakan rumah sakit, diperkenankan selama Anda terlebih dulu memberitahu pihak rumah sakit dan tidak mengganggu ketenangan dan kenyamanan pasien lainnya.

Penerjemah

Mohon hubungi kami apabila Anda memiliki kebutuhan khusus seputar bahasa, pendengaran, atau penglihatan. Hubungi perawat untuk menyediakan penerjemah jika Anda menderita gangguan pendengaran/ tuna rungu, atau Bahasa Indonesia bukan merupakan bahasa ibu Anda. RS Pondok Indah Group berusaha membangun komunikasi yang bermakna dengan para pasien yang memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang terbatas, serta keluarga mereka mengenai kondisi medis dan pengobatan.

Dilarang Merokok

Sesuai ketentuan Pemerintah, rumah sakit adalah area bebas rokok. Untuk melindungi kesehatan pasien kami; pasien, pengunjung dan staf dilarang merokok di seluruh area rumah sakit.