Mengatasi Kejenuhan Ketika #dirumahaja
23 May 2020

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih diterapkan demi mengurangi penyebaran COVID-19. Bagi Anda yang sudah #dirumahaja selama 2 bulan lebih mungkin sudah mulai jenuh. Bagaimana menyiasatinya? 

Tetap terkoneksi

Salah satu cara efektif untuk mengusir kejenuhan saat #dirumahaja adalah memenuhi kebutuhan sosial Anda sebagai makhluk sosial. Tetap terkoneksi dengan orang terdekat melalui ranah online adalah cara yang paling tepat dilakukan selama masa pandemi. Video call membuat Anda merasa lebih dekat dan tidak berjarak. Anda dapat melihat wajah dan ekspresi orang-orang terdekat sambil berbincang. Apabila kebutuhan sebagai makhluk sosial terpenuhi akan muncul suasana hati yang baik.

Kegiatan melalui online

Melakukan kegiatan dengan media online seperti kegiatan kelas yoga online dapat menjadi alternatif lain untuk mengatasi kejenuhan selama tinggal di rumah. Olahraga online juga dapat membantu Anda tetap bergerak di tengah rutinitas di rumah yang padat. Selain itu, olahraga atau bermain bersama melalui dunia maya merupakan subtitusi dari quality time secara langsung bersama kerabat terdekat. Anda tetap dapat menjalin dan mempererat hubungan sambil berkegiatan, memenuhi kebutuhan sosial, yang pada akhirnya akan menimbulkan perasaan senang pada diri Anda karena suasana hati menjadi baik.

Staying calm

Tidur juga dapat membantu Anda mengatur rasa cemas dan stres selama tinggal di rumah. Bukan asal tidur saja, tetapi yang diperlukan adalah tidur yang berkualitas yaitu 8 jam pada malam hari. Melakukan relaksasi, meditasi, atau yoga juga dapat menjadi solusi atas masalah ini.  

Being mindful lewat meditasi dan yoga bisa membuat Anda tenang. Yoga dapat membangun kesadaran akan keberadaan diri saat ini, here and now. Penting bagi Anda untuk fokus pada aktivitas yang sedang dilakukan saat ini. Misalnya pada waktu work from home, Anda sebaiknya fokus hanya pada pekerjaan yang sedang dijalani, dan tidak terpengaruh oleh berita berita-simpang siur tentang COVID-19 yang belum tentu kredibel dan membuat Anda panik sendiri. Selain itu, Anda dapat fokus terhadap informasi yang reliabel terkait apa yang dapat dilakukan saat ini untuk mencegah COVID-19, seperti pentingnya mengonsumsi makan sehat, cuci tangan, menggunakan masker, tetap #dirumahsaja, dan sebagainya. Fokuslah terhadap hal-hal yang dapat Anda kontrol dan kendalikan. Hal tersebut dapat mengurangi kecemasan Anda. 

Seringkali setiap hari, setiap waktu bersama dengan keluarga di rumah membuat Anda merasa kehilangan me-time atau me-space karena bertemu dengan orang yang sama selama 24 jam. Sebenarnya yang membuat Anda merasa kehilangan me-time adalah situasi dan rutinitas yang berubah. Beberapa orang merasa kewalahan membagi waktu untuk work from home, karena pada saat yang sama harus membimbing anak school from home, mengurus anak, dan mengurus rumah. Aktivitas menjadi sangat padat dan melelahkan serta dapat menimbulkan stres karena tidak ada waktu untuk diri sendiri. 

Oleh karena itu, Anda perlu latihan relaksasi, meditasi, dan melakukan hobi yang disenangi. Hal yang tak kalah penting adalah membuat jadwal harian yang teratur sehingga Anda merasa pasti dan dalam kondisi terkontrol di tengah pandemi yang tidak pasti dan di luar kendali Anda.

Berolahraga dan aktivitas sehari-hari

Berolahraga dapat meningkatkan kadar hormon endorfin, sehingga membuat suasana hati lebih baik. Apabila tidak menyukai aktivitas olahraga, Anda dapat lakukan aktivitas ringan seperti bersepeda, jalan kaki, bermain musik dan menyanyi untuk menghilangkan rasa jenuh. 

Berjemur juga dapat menjadi aktivitas harian yang menyenangkan. Anda dapat berjemur sambil mengobrol dengan keluarga atau tetangga yang sama-sama sedang berjemur. Namun, jangan lupa untuk tetap menerapkan physical distancing dan menggunakan masker. Anda pun dapat berjemur sambil membaca buku, bermain games, atau melihat media sosial melalui gadget. Perlu diketahui, secara medis sinar matahari pagi hari dapat memberikan asupan vitamin D yang baik untuk imun tubuh kita. Tubuh sehat, jiwa juga sehat karena dapat bertemu orang lain atau melakukan hal yang Anda suka.  

Merencanakan keseharian

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, merencanakan jadwal keseharian dapat membuat Anda merasa memiliki kepastian. Rutinitas dan jadwal yang pasti ini diperlukan supaya Anda tidak cemas menghadapi keseharian sehingga menjadi lebih tenang dalam menjalani kehidupan di masa pendemi ini.   

Adanya jadwal harian membuat Anda lebih produktif, karena Anda sudah membuat waktu untuk berbagai kegiatan, selama berada di rumah. Pengertian produktif tidak selalu berkonotasi dengan pekerjaan Anda, tetapi dapat pula berkaitan dengan kegiatan mengelola keluarga dan rumah. Selain itu kegiatan seperti masak bersama anggota keluarga, merapihkan rumah juga dapat dikatakan kegiatan yang produktif.

Yuk, manfaatkan masa PSBB ini untuk terkoneksi lebih dekat dengan keluarga Anda, lakukan hobi yang sebelumnya tak sempat dilakukan karena kesibukan. Jangan lupa, buat jadwal harian supaya Anda tidak overwhelmed dengan banyaknya rencana yang ingin Anda lakukan. Terakhir, mulailah membuat jurnal rasa syukur Anda setiap hari (gratitude journals). Hal tersebut dapat membantu hati Anda lebih tenang dan bahagia. Hargailah hal-hal kecil yang menyenangkan. :)

 

Jane Cindy Linardi, M.Psi, Psi

Psikolog

RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

 

Berita Terkini
Seminar "Cone Beam Computed Tomography: Digital Dentistry Is The Future"
Solusi Minimal Invasive Untuk Penanganan Masalah Kesehatan
Wajah Baru Women & Fetal Diagnostic Center Dan Klinik Anak RS Pondok Indah – Pondok Indah
Mom’s Gathering RS Pondok Indah Group
Deteksi Dini Skoliosis

RS PONDOK INDAH - PONDOK INDAH - EXECUTIVE HEALTH CHECK UP GIFT CERTIFICATE

Executive Health Check Up Gift Certificate dapat menjadi hadiah yang sangat berkesan bagi pasangan, keluarga, kerabat, rekan kerja atau bahkan kolega Bisnis Anda. Anda dapat memilih Paket atau Nominal tertentu yang dapat di-hadiah-kan berupa Gift Certificate agar mereka dapat melakukan serangkaian Pemeriksaan kesehatan komprehensif untuk ...

Vol 44