Alami Keguguran Berulang? Cari Tahu Penanganannya, Yuk!
09 September 2020

Keguguran menjadi penggugur mimpi Anda dan pasangan dalam memiliki keturunan, terlebih bila terjadi berulang kali. Namun, jangan khawatir, dengan evaluasi dan penanganan yang tepat, peluang kehamilan masih ada. 

Definisi keguguran berulang

Anda dan pasangan tentu berharap janin dapat tumbuh dengan sempurna hingga waktu persalinan tiba. Namun sayangnya, tak sedikit yang justru harus berhadapan

dengan kenyataan pahit, yaitu keguguran. Kehamilan yang terhenti akibat tidak berkembangnya janin, matinya janin atau keluarnya hasil pembuahan secara spontan sebelum usia janin menginjak 20 minggu atau berat janin kurang dari 500 gram disebut keguguran. Keguguran ditandai dengan keluarnya darah, rasa mulas, dan diikuti dengan pembukaan mulut rahim. Suatu keguguran disebut keguguran berulang jika telah terjadi sebanyak tiga kali berturut-turut. Namun demikian, apabila seseorang sudah mengalami keguguran sebanyak dua kali berturut-turut, ada baiknya tidak menunggu untuk kejadian yang ketiga, dan segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Normalnya sekitar 1 dari 6 pasangan (sekitar 15 persen) akan mengalami keguguran. Meski demikian kejadian keguguran berulang bukanlah merupakan sebuah fenomena yang normal. Kemungkinan terjadinya keguguran ulang setelah terjadi keguguran dua kali berturut-turut dapat meningkat dua kali lipat. Namun sayangnya, hampir 70 persen kasus keguguran berulang tidak diketahui penyebabnya.

Beberapa faktor penyebab keguguran berulang

Faktor penyebab kejadian keguguran berulang dapat dibagi menjadi kelainan di sisi janin atau di sisi ibu. Kelainan kromosom atau genetik mengakibatkan terjadinya gangguan perkembangan janin hingga kematian janin yang memicu terjadinya keguguran berulang terutama di kehamilan usia dini. Kromosom janin disumbangkan oleh sperma dan sel telur. Kualitas sperma dapat dipengaruhi oleh kebiasaan merokok atau pajanan suhu panas pada buah zakar akibat sering menggunakan pakaian yang ketat. Sementara kualitas sel telur lebih banyak dipengaruhi oleh faktor usia ibu.

Kelainan pada sisi ibu umumnya mengakibatkan terjadinya keguguran berulang di usia kehamilan yang lebih lanjut. Kondisi yang mengakibatkan rahim sulit mempertahankan kehamilan, seperti adanya tumor dinding rahim, atau kelemahan mulut rahim dapat mengakibatkan terjadinya keguguran. Gangguan pembekuan darah, gangguan metabolik, gangguan produksi hormon reproduksi, infeksi, serta penyakit autoimun pada ibu berpotensi mengganggu proses tubuh ibu untuk memelihara kehamilan, yang berakibat pada keguguran.

Pengaruh pola gaya hidup yang berpotensi untuk memicu terjadinya gangguan metabolik seperti peningkatan berat badan berlebih akibat gaya hidup kurang bergerak (sedentary living), kurang istirahat, kurang berolahraga, serta tidak menjaga pola makan yang baik juga berpotensi dapat menjadi penyebab kejadian keguguran.

Pemeriksaan keguguran berulang

Namun, bukan berarti wanita yang mengalami keguguran berulang tidak dapat memiliki keturunan. Perawatan dan dukungan intensif dapat meningkatkan kesempatan untuk tercapainya kehamilan yang sukses.

Apa yang akan dilakukan dokter? Pada awalnya dokter akan melakukan karakterisasi dari jenis keguguran berulang yang Anda alami. Hal ini penting untuk menentukan prioritas jenis pemeriksaan yang akan dilakukan. Mencari penyebab kejadian keguguran berulang pada dasarnya tidak mudah. Saat ini, melakukan pemeriksaan kromosom pada jaringan yang berasal dari keguguran belum menjadi pemeriksaan yang rutin dilakukan. Sehingga tidak diketahui, apakah keguguran yang tersebut terjadi pada kehamilan dengan janin yang normal atau tidak normal. Selain itu, kejadian keguguran berulang yang tidak terjelaskan hanya dapat ditegakkan jika sudah dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh namun tidak ditemukan adanya kelainan. Sebagian besar pasangan yang mengalami kejadian keguguran berulang berada di dalam kategori ini.

Pemeriksaan yang dilakukan antara lain:

  • Pemeriksaan USG untuk melakukan penilaian pada bentuk rahim dan selanjutnya dapat dilanjutkan dengan pemeriksaan teropong ke dalam rahim (histeroskopi)
  • Tes darah ibu untuk menyingkirkan kelainan pembekuan darah, gangguan metabolik, gangguan produksi hormon reproduksi, infeksi serta penyakit autoimun
  • Tes darah ayah dan ibu untuk menyingkirkan kemungkinan kelainan kromosom
  • Analisis sperma, untuk melihat kualitas sperma

Penanganan keguguran berulang

Setiap pasangan memiliki kondisi yang berbeda. Oleh karena itu, dianjurkan untuk melakukan konseling dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi, dan reproduksi untuk mendapatkan anjuran dan penanganan yang tepat untuk masalah keguguran berulang.

Strategi yang dapat dilakukan pada kasus keguguran berulang umumnya ditentukan oleh jenis kejadian keguguran berulang. Pada kejadian keguguran dini, dapat dilakukan tatalaksana untuk meningkatkan kualitas embrio, serta memperbaiki kemampuan dinding rahim dalam menyeleksi embrio yang akan terbentuk. Strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas embrio diawali dengan meningkatkan kualitas sperma dengan cara melakukan seleksi sperma melalui metode swim up yang dapat dilakukan sebagai bagian dari prosedur inseminasi. Prosedur ini memilih sperma yang dapat berenang menembus larutan dengan berat jenis yang berbeda. Tindakan inseminasi dapat dilakukan di RS Pondok Indah IVF Center.

Jika masih belum berhasil, maka prosedur bayi tabung dapat dilakukan bukan hanya untuk melakukan sekadar pemilihan sperma, namun juga sel telur dan embrio. Prosedur pemilihan sperma pada prosedur bayi tabung dapat dilakukan dengan menggunakan teknik intracytoplasmic morphologically selected sperm injection (IMSI). Teknologi medis yang dimiliki oleh RS Pondok Indah IVF Center ini mampu memilih kualitas sperma terbaik menggunakan mikroskop khusus yang dapat memperbesar penampakan sperma hingga 6.000 kali. Dengan hadirnya IMSI, kecacatan bentuk pada sperma bisa terdeteksi sebelum fertilisasi.

Setelah itu, prosedur dapat dilanjutkan dengan prosedur pemilihan embrio dengan kromosom normal. Prosedur ini dikenal sebagai pre implantation genetic testing aneuploidy atau disingkat sebagai PGT-A. Teknologi ini juga tersedia di RS Pondok Indah IVF Center.

Strategi penanganan keguguran berulang pada kehamilan dini juga ditujukan kepada lapisan dinding rahim agar mekanisme seleksi terhadap embrio yang datang menjadi lebih baik. Salah satu teori menyatakan bahwa jumlah sel uterine natural killer (uNK) yang berlebihan mengakibatkan seorang wanita menjadi sangat mudah hamil, meski dengan embrio yang kromosomnya tidak normal. Menekan jumlah sel uNK pada rahim diharapkan dapat lebih memperbaiki proses seleksi embrio oleh dinding rahim.

Kejadian keguguran yang tidak terjelaskan memiliki jumlah yang cukup banyak, oleh karena itu terapi secara empirik dengan menggunakan rejimen pengobatan tertentu yang telah dilakukan penelitian sebelumnya oleh para ahli juga digunakan oleh tim dokter di RS Pondok Indah IVF Center.

Keguguran berulang merupakan salah satu bentuk dari gangguan kesuburan. Selain penanganan melalui tindakan medis, untuk meningkatkan peluang kehamilan, ada baiknya Anda dan pasangan juga mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Upayakan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, jaga berat badan ideal sebelum hamil, dan lakukan tindakan penapisan terhadap infeksi yang berpotensi memicu cacat bawaan dalam masa kehamilan, seperti rubella.

Hentikan kebiasaan merokok dan alkohol, serta penggunaan obat-obatan tanpa pengawasan dokter perlu dihindari selama merencanakan dan di masa kehamilan. Perencanaan kehamilan pun harus dilakukan dengan lebih cermat, karena untuk Anda yang sudah mengalami keguguran berulang, sebaiknya memberikan jeda waktu sebelum hamil kembali. Hal ini untuk memberikan waktu yang cukup bagi dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk melakukan pemeriksaan diagnostik yang lengkap dalam menemukan penyebabnya dan memberikan penanganan yang tepat untuk Anda dan pasangan.

 

Dr. dr. Kanadi Sumapraja, Sp.OG-KFER, M.Sc

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi

RS Pondok Indah - Pondok Indah

Berita Terkini
Cepat Tanggap Dalam Mengantisipasi COVID-19, RS Pondok Indah – Bintaro Jaya Meraih Penghargaan PERSI Golden Award 2020
RS Pondok Indah – Pondok Indah Meraih Penghargaan IBCLC Care Award 2020
Seminar "Cone Beam Computed Tomography: Digital Dentistry Is The Future"
Solusi Minimal Invasive Untuk Penanganan Masalah Kesehatan
Wajah Baru Women & Fetal Diagnostic Center Dan Klinik Anak RS Pondok Indah – Pondok Indah

RS PONDOK INDAH - PURI INDAH - SALMON DNA GLOWING RADIANCE TREATMENT

Miliki kulit yang lebih cerah dan glowing dengan Salmon DNA Glowing Radiance Treatment. Dapatkan penawaran khusus untuk Anda, hanya di Skin & Aesthetic Clinic, RS Pondok Indah – Puri Indah. Kandungan unik dari DNA Salmon yang diperkaya dengan Peptide dan Hyaluronic Acid memiliki berbagai benefit untuk kulit Anda, seperti: mening...

Vol 44