Jaga dan Perkuat Imun Tubuh Anda di Masa Pancaroba
15 October 2020

Masa pancaroba sering menjadi momok, karena kerapkali banyak penyakit yang muncul karena perubahan suhu udara yang sering kali ekstrem. Terkadang cuaca sangat panas tiba-tiba menjadi turun hujan. Apabila fisik Anda tidak prima, keadaan ini dapat menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit. Ditambah lagi di masa pandemi saat ini, imunitas kita harus benar-benar terjaga.

Masa pancaroba adalah masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya, yaitu peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Peralihan musim ini ditandai oleh suhu udara tidak menentu dan kelembapan udara yang cukup ekstrem. Jika kondisi kesehatan kita tidak optimal, kita bisa dengan mudah terserang penyakit seperti infeksi virus, bakteri, maupun jamur. Untuk itu, meningkatkan imun tubuh menjadi penting dilakukan, dan berikut langkah-langkah yang dapat dijalani demi mencapainya:   

Minum air putih yang cukup

Mengonsumsi air putih sangat penting agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Apabila organ tubuh menjalankan fungsinya dengan optimal maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

Dengan air putih yang cukup ini tubuh akan terhidrasi dengan baik sehingga kadar cairan tubuh yang seimbang ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Air putih juga dapat membantu proses metabolisme tubuh sehingga pencernaan menjadi sehat.

Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board kebutuhan hidrasi/air putih pada wanita adalah 2,7 liter per hari. Sementara, pria membutuhkan 3,7 liter air putih per hari untuk mencapai asupan air putih yang idealMinum air putih 1-2 gelas setiap bangun tidur juga penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika kita terlelap tidur semalaman. 

Sebelum tidur malam juga sebaiknya minum air putih secukupnya untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun jangan berlebihan mengonsumsinya, karena justru akan membuat Anda terbangun ketika dini hari karena rasa ingin buang air kecil yang tidak tertahankan. Minum air putih juga sebaiknya dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berolahraga. 

Meminum air putih sebaiknya secukupnya, mengonsumsi air putih berlebihan tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan keracunan air yang menyebabkan hiponatremia atau kekurangan garam dalam tubuh. Pada efek yang memburuk dapat menyebabkan sakit kepala, kram ototbahkan dapat menyebabkan kejang, dan berujung pada kematian. Jadi yang paling baik adalah minum air putih secukupnyatidak kurang dan juga tidak berlebihan.

Istirahat/tidur yang cukup

Menurut Dr. Lawrence J. Epstein, Direktur Medis dari Sleep Health Centers yang berafiliasi dengan Harvard UniversityAmerika, tidur yang cukup sama pentingnya dengan pola hidup sehat lainnya seperti diet dan olahraga. Semua orang perlu tidur cukup setiap hari. Apabila Anda mengalami kurang tidur atau kualitas tidur kurang baik karena banyak beban pikiran, dapat menyebabkan turunnya daya tahan tubuh Anda, tubuh pun menjadi tidak fit. Maka itu, apabila utang tidur Anda sudah telanjur menumpuk, maka sebaiknya segera dilunasi.

Jadi jika Anda melewatkan 10 jam tidur selama seminggu, tambahkan 3-4 jam tidur pada akhir pekan dan 1-2 jam ekstra per malam pada minggu berikutnya sampai utang tidur Anda lunas. Utang tidur jangka panjang membutuhkan beberapa minggu untuk melunasinya. Epstein menyarankan untuk cuti dari kantor dan mematikan alarm yang biasa membangunkan Anda. Biarkan tubuh bangun di pagi hari secara alami. Pada awalnya, Anda akan tidur 12 jam atau lebih, hingga akhirnya tubuh beradaptasi kembali untuk bangun tidur secara normal.

Pola hidup sehat

Menjalani gaya hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan sehat dapat meningkatkan daya imun tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat dapat mengusir berbagai macam virus, bakteri, dan jamur sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu, gaya hidup sehat juga dapat meningkatkan kadar hormon-hormon yang baik bagi tubuh seperti hormon estrogen dan endorfin untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut ini beberapa cara menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh, yaitu:

  • Istirahat yang cukup, minimal waktu tidur malam 6-7 jam dalam sehari
  • Hindari stres atau kelola stres dengan baik
  • Makan makanan sehat, terutama perbanyak sayur dan buah yang mengandung vitamin B, vitamin C, zinc, dan vitamin D
  • Rutin berolahraga, olahraga paling mudah adalah berjalan cepat selama 30 menit
  • Hindari rokok dan minuman alkohol

Menjaga kesehatan dan kebuagaran tubuh di masa pancaroba bukanlah hal yang sulit. Dengan selalu menjaga pola hidup sehat semoga kita semua dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

dr. I Made Tirta Saputra

Dokter Umum

RS Pondok Indah – Pondok Indah

 

Berita Terkini
RS Pondok Indah – Pondok Indah Meraih Penghargaan IBCLC Care Award 2020
Seminar "Cone Beam Computed Tomography: Digital Dentistry Is The Future"
Solusi Minimal Invasive Untuk Penanganan Masalah Kesehatan
Wajah Baru Women & Fetal Diagnostic Center Dan Klinik Anak RS Pondok Indah – Pondok Indah
Mom’s Gathering RS Pondok Indah Group

RS PONDOK INDAH - PONDOK INDAH - EXECUTIVE HEALTH CHECK UP GIFT CERTIFICATE

Executive Health Check Up Gift Certificate dapat menjadi hadiah yang sangat berkesan bagi pasangan, keluarga, kerabat, rekan kerja atau bahkan kolega Bisnis Anda. Anda dapat memilih Paket atau Nominal tertentu yang dapat di-hadiah-kan berupa Gift Certificate agar mereka dapat melakukan serangkaian Pemeriksaan kesehatan komprehensif untuk memastik...

Vol 44