Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Screening Jantung

Oleh Tim RS Pondok Indah

Jumat, 23 Agustus 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan berkala khususnya bagi Anda yang memiliki faktor risiko penyakit jantung.

Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Screening Jantung

Penyakit jantung koroner telah menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Menurut data WHO di tahun 2019, terdapat 17,9 juta jiwa yang meninggal akibat penyakit ini. Hampir seluruh kasus penyakit jantung koroner disebabkan gaya hidup tidak sehat, seperti: kebiasaan merokok, kurangnya aktivitas fisik, hingga pola makan yang tidak sehat.


Oleh karena itu, pemeriksaan kesehatan berkala sangat penting untuk dilakukan guna mendeteksi dini dan mencegah komplikasi penyakit jantung koroner. Pemeriksaan kesehatan berkala ini dianjurkan sejak usia 18 tahun ke atas.


Siapa Saja yang Perlu Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Jantung? 


  • Pasien dengan faktor risiko memiliki kebiasaan merokok atau obesitas
  • Pasien dengan profil lipid, gula darah, atau tekanan darah yang tinggi
  • Riwayat penyakit jantung koroner pada keluarga
  • Pasien dengan sedentary lifestyle (gaya hidup yang jarang melakukan aktivitas fisik)


Frekuensi pemeriksaan kesehatan jantung tentu bervariasi sesuai dengan faktor risiko dan usia pasien. Secara umum, pemeriksaan direkomendasikan untuk dilakukan setiap tahun pada individu dengan rentang usia 45 tahun ke atas.


Baca juga: Keunggulan Magnetic Resonance Imaging untuk Deteksi Penyakit Jantung



Persiapan untuk Melakukan Medical Check Up (MCU)


  • Istirahat dan tidur yang cukup sebelum pemeriksaan
  • Berpuasa (idealnya) 12 jam sebelum pemeriksaan
  • Menginformasikan kepada tim dokter terkait obat-obatan yang dikonsumsi sebelum pemeriksaan kesehatan jantung (terdapat beberapa pengobatan yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan, seperti obat golongan beta blocker)


Proses pemeriksaan kesehatan jantung dimulai dari anamnesis (wawancara tentang kondisi medis) dan pemeriksaan fisik dengan dokter umum di medical check up. Rangkaian screening dilanjutkan dengan pemeriksaan tanda-tanda vital, analisis komposisi tubuh, serta pemeriksaan laboratorium untuk melihat fungsi organ dan biomarker yang terkait dengan risiko penyakit jantung, seperti profil lipid, Hs-Troponin I, dan lipoprotein. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan penunjang lainnya seperti electrocardiogram, treadmill stress test, echocardiography, dan CT-scan jantung yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien.


Keseluruhan hasil kemudian akan dianalisis secara komprehensif oleh tim dokter Executive Health Check Up dan dokter spesialis RS Pondok Indah Group yang berpengalaman. Laporan medical check up berisi rekomendasi personal dan tata laksana lanjutan akan dikomunikasikan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah serta ahli gizi kepada Anda saat sesi konsultasi akhir.


Executive Health Check Up RS Pondok Indah Group menyediakan ragam pilihan paket pemeriksaan jantung dan telah mengadopsi teknologi terkini untuk visualisasi terbaik kondisi kesehatan jantung Anda. Seluruh rangkaian pemeriksaan dilakukan dalam satu area (one-stop service), disertai dengan fasilitas VIP Lounge, Wi-Fi, breakfast and lunch buffet, dan desain ruangan yang nyaman mengusung konsep hotel bintang 5.


Paket medical check up jantung lengkap sudah tersedia di ketiga cabang RS Pondok Indah Group. Konsultasikan pemilihan paket medical check up Anda kepada tim Executive Health Check Up RS Pondok Indah Group agar sesuai dengan kebutuhan Anda.


Baca juga: The New Revolutionary CT-Scan 512 Slice with AI, Teknologi Terkini CT-Scan Deteksi Dini Masalah Jantung